Loading...

Tips Penting Burning CD

Tips Penting Burning CD
Burning CD | Jasa Burning CD Bogor
Saat ini media penyimpanan semakin beragam dengan menawarkan berbagai kemampuan serta kelebihan yang berbeda-beda. Namun hingga kini Compact Disk (CD) sebagai salah satu alternative media penyimpanan, masih belum bisa digeser perannya dalam memenuhi kebutuhan media tersebut. Burning CD, yaitu sebuah metode untuk memasukkan data ke dalam media penyimpanan berupa CD dengan menggunakan software burning. Kami akan berbagi tips singkat mengenai beberapa hal penting untuk burning CD, sehingga hasilnya bias sesuai dengan kinginan kita, yakni bagus dan tahan lama atau awet. Sedikit sharing dibawah ini semoga bermanfaat bagi sahabat semua…

Memilih CD yang Baik

Media yang akan kita gunakan untuk menyimpan data adalah CD (Compact Disk), maka yang paling penting untuk mendapatkan kualitas hasl burning yang bagus tentunya Media CD yang bagus pula. Sangat banyak dan beranekaragam merk CD yang berada di pasaran, dan tentunya dengan harga yang beragam pula. Namun kita harus pandai untuk memilih CD merk apakah yang paling bagus untuk kita gunakan. Dengan tips sederhana, tentunya kualitas akan sebanding dengan harganya. Namun bukan berarti untuk mendapatkan sebuah CD yang bagus harus yang mahal harganya. Untuk tips memilih CD ini kami sudah pernah menuliskan tips memilih CD blank.

Cek permukaan CD sebelum digunakan

Ini masih berkaitan dengan kualitas media yang digunakan. Meskipun CD baru kita beli, namun perlu kita cek permukaan CDnya, apakah ada debu, apakah ada gorean dan lain sebagainya. Pilihlah CD yang masih kinclong, sehingga kita tidak akanmenemukan masalah setelah CD tersebut kita burning. Kami juga memiliki cara agar CD yang sudah gores atau permukaannya sudah kusam (tidak kinclong lagi) untuk bisa disetel dalam player dengan hasil lebih baik. Namun kiranya bukan sekarang untuk menyampaikannya.

Jangan Sentuh

Jangan sentuh ini CD, hehehe….maksudnya permukaan CD yang rentan kotor dan tergores tersebt benar-benar harus kita jaga. Jangan sampai kita menyentuhnya atau mengusapnya dengan kain yang tidak sesuai. Karena hal ini kadang-kadang malah akan menimbulkan masalah, yaitu adanya cap jari dalam permukaan CD ataupun bisa juga CD tergores oleh kain yang kita gunakan untuk mengusap permukaannya. Untuk itu pastikan memegang bagian tepi dan melalui lubang CD yang tengah.

Mengusap dengan kain atau lap yang sangat lembuh

Jika memang terdapat kotoran di permukaan CD dan kita harus mengelapnya, maka gunakan Lap dari bahan yang sangat lembut sehingga tidak merusak permukaan CD. Juga perlu untuk diperhatikan jangan mengusap secara melingkar mengikut lingkaran CD, namun usaplah dengan cara tegak lurus ke luar CD di bagian yang kotor saja.
Baca juga: Burning CD; Memilih Software Burnin CD

Perhatikan kemampuan komputer

Meskipun saat ini CPU sudah mampu memproses banyak aplikasi/program sekaligus, tetapi tetap disarankan untuk menutup sementara aplikasi lain yang berjalan, terutama yang tidak penting dan bisa dilanjutkan setelah burning. Bahkan aplikasi semisal antivirus kalau memungkinkan di hentikan saja sementara, dan jika ingin melakukan scan, lakukan sebelum data di burning ke DVD. Hal ini dimaksudkan agar proses burning menjadi sempurna dan hasilnyap pun sempurna.

Burning pada kecepatan yang rendah

Meskipun hal ini masih menjadi perdebatan, apakah berpengaruh antara kecepatan tinggi dan rendah, tetapi tetap disarankan burning dengan kecepatan rendah. Tidak harus paling rendah, tetapi untuk amannya, usahakan dibawah maksimum kemampuan keping DVD. Terutama keping DVD dengan label kecepatan tinggi semisal 16x, 20x, 24x.
Dan perlu diperhatikan bahwa perkalian burning CD dan DVD mempunyai kecepatan yang berbeda. Untuk DVD 1x sama dengan sekitar 156 KB/s sedangkan untuk DVD 1x sama dengan sekitar 1.4 MB/s. Jadi perkalian kecepatan burning DVD sekitar 9,7 kali lebih cepat daripada CD. Misalnya burning DVD dengan kecepatan 2x, artinya kecepatan sekitar 2.8 MB/s (kalau 2x untuk CD hanya 302 KB/s) Oleh karena itu baik keping CD atau CD drive bisa mencapai 48x, 52x sedangkan DVD (baik keping atau DVD Drive) hanya 4x, 8x, 12x, 16x atau 24x.

Verify setelah selesai

Verify adalah melakukan pengecekan ulang setelah DVD selesai di burning. Biasanya opsi ini ada di beberapa software burning, meskipun waktu yang diperlukan akan bertambah lama, tetapi ini untuk memastikan bahwa data yang kita burning bisa terbaca semuanya apalagi jika hanya burning satu DVD saja. Nah apabila Anda kesulitan untuk burning CD, atau mungkin Anda memerlukan burning CD dalam jumlah yang banyak, Silahkan hubungi kami Balqis Media Utama, kami memberikan layanan jasa Burning CD, Duplikasi CD, Replikasi CD Original.  
jasa burning cd bogor 1555246223449067424

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Follow by Email

Popular Posts