Loading...

3 cara sembunyikan file

Sobat balqis.... salam sukses untuk semua. Kadang kala kita memiliki file yang tidak ingin diketahui orang lain, file data pribadi misal...

Sobat balqis.... salam sukses untuk semua. Kadang kala kita memiliki file yang tidak ingin diketahui orang lain, file data pribadi misalnya. Atau mungkin file yang sebenarnya tidak privasi, namun kita menginginkan untuk menjaganya agar tidak bisa dicopy sembarangan tanpa seijin dengan kita. Kali ini akan kita jelaskan sedikit trik bagaimana caranya untuk menyembunyikan file. Ada beberapa cara yang bisa kita pilih, yaitu: 
  1. Merubah attribute file dan folder tersebut menjadi hidden file. Caranya adalah Klik kanan file atau folder tersebut kemudian pilih properties. Selanjutnya beri tanda centang pada opsi Hiddenpada pilihan Attributes. Setelah itu atur pengaturan do not show hidden files and folder pada Folder Options. Maka file atau folder anda sudah tidak kelihatan lagi pada jendela windows explorer.
  2. Cara lain adalah dengan menggunakan bantuan sebuah software untuk mengunci drive, folder atau file tertentu seperti Software hide folders  atau usb safeguard  atau software-software yang lain masih banyak sekali. Biasanya dengan menggunakan software tersebut user harus memasukkan password tertentu untuk dapat menyembunyikan dan melindungi file dan folder yag dimaksud.
  3. Menggunakan perintah Command Prompt. Dengan cara menyembunyikan file menggunakan command prompt ini, file dan folder akan benar-benar disembunyikan dan hanya akan bisa ditampilkan kembali dengan menggunakan perintah Command Prompt walaupun dicoba dengan menampilkan show hidden file and folder pada pengaturan folder options. 
Untuk point ke-3 berikut ini langkah-langkahnya:

Tekan combinasi tombol Window + R untuk membuka jendela Run, kemudian ketik cmd dan tekan enter
Jendela command Prompt telah terbuka, 

ketikkan “attrib +s +h D:/folder anda” tanpa tanda petik, kemudian tekan enter. 

(Catatan : D adalah nama drive tempat folder berada, folder anda adalah nama folder yang akan dihidden. Misalnya nama folder : download berada pada drive E, maka yang diketik adalah attrib +s +h E:/download)
Jika anda telah membuka jendela explorer, tutup terlebih dahulu windows explorer anda kemudian buka kembali windows explorer, maka folder download tidak akan nampak kembali meskipun pengaturan show hidden file folder diaktifkan.

selamat mencoba. oh iya kalau ingin memproteksi CD/DVD agar tidak bisa dicopy, kami menyediakan jasanya. Mau tau harganya? hubungi ja CS kami. 
replikasi cd 8064276768179924097

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Follow by Email

Popular Posts