Loading...

Cara Bikin Album Musik

Banyak beredar di pasaran Album Musik yang begitu beragam. Mungkin diantara kamu ada yang saat ini memiliki hobi bermusik, atau mungkin ser...

Banyak beredar di pasaran Album Musik yang begitu beragam. Mungkin diantara kamu ada yang saat ini memiliki hobi bermusik, atau mungkin sering ngeband, tetapi belum memiliki Album sendiri. Untuk membuat album musik sendiri, pertama-tama perlu diperhatikan adanya perencanaan tentang dimana materi album akan direkam, berapa lama waktu yang akan digunakan untuk album tersebut, kesiapan materi, besarnya anggaran untuk proses recordering dan produksi pasca recording, pengganaan CD Album Musik, anggaran promosi album dan lain sebagainya. 
Cara Bikin Album Musik

Baik, marilah kita bahas satu persatu:

Yang pertama adalah tentang Studio Rekaman yang akan kita gunakan untuk tempat recording. Saat ini kita dapat menemukan studio rekaman dengan mudah, dari fasilitas yang sederhana, hingga fasilitas profesional yang memang disediakan untuk produksi yang lebih baik. Ada studi analog, yaitu studi yang masih menggunakan media 'pita' untuk merekam, dan biasanya harga sewa studi rekam yang masih analog ini lebih murah dibandingkan dengan studio digital. Sedangkan Studi digital adalah studi yang menggunakan peralatan digital untuk merekam, baik hardware mauoun softwarenya memang disediakan secara khusus untuk hasil yang lebih baik, dan tentunya harganya lebih mahal.

Namun dengan adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini, kita bisa membangun studi rekaman sendiri di rumah dengan membeli peralatan rekam yang bisa kita beli di pasaran. Cara seperti ini biasa disebut dengan Home Studio. Keuntungan memiliki home studio ini tentunya kita bisa lebih leluasa untuk melakukan produksi, kapan saja, tanpa terikat dengan padatnya jadwal studi jika kita sewa tempat orang lain. Namun juga biasanya kita akan terkendala dengan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan dalam proses recording dan editing, dimana kita masih trial and error. 
Yang kedua adalah diperlukannya latihan yang berkelanjutan sehingga kita makin memiliki keterampilan yang terasah. Kita akan mengetahui kelemahan-kelemahan kita sehingga kita bisa memperbaikinya. Hingga pada saat kita rekaman dengan serius, kita akan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik, karena proses latihan yang terus berulang tersebut. Sebelum masuk rekaman sebaiknya materi disiapkan secara matang, seperti karakter sound yang diinginkan untuk gitar, bass, drum, dsb. Dengan seperti ini kita bisa menghemat waktu dan budget tentunya. Bawa referensi CD agar sang operator tahu sound seperti apa yang kamu inginkan.

Banyak hal yang bisa dipelajari di ruang studio rekaman, kamu bisa bertanya pada teman atau musisi senior yang sudah kamu kenal sebelum Belia memutuskan untuk menyewa studio rekaman.

Langkah selanjutnya adalah proses Duplikasi Kaset/CD Album musik kita. Carilah tempat untuk penggandaan/ duplikasi. Tak lupa hitung berapa budget yang disediakan untuk penggandaan/ duplikasi kaset, jenis pita kaset yang akan dipakai karena ada beberapa tipe kaset dengan kualitas yang berbeda, juga panjang durasi album karena itu juga berpengaruh pada harga kaset. Jika rata-rata durasi lagu 3 menit, jumlah lagu di dalam album 10 lagu maka pita kaset yang dipakai adalah 30 menit (C30). Dan salah satu tempat untuk menggandakan CD Album Musik yang kami rekomendasikan adalah ya di Balqis Media Utama ini, hehehe...

Kami tidak hanya menggandakan CD Album Musik yang kamu inginkan, tetapi kami juga akan membantu Anda dalam proses selanjutnya, seperti proses branding. Branding ini penting untuk kesuksesan kamu selanjutnya. Seperti apa disain cover, desain kemasan, desain dan strategi promosi yang akan diambil sangat penting untuk direncanakan dengan sebaik mungkin. 

Nah, sekian dulunya tentang Cara Bikin Album Musik sendiri, kamu bisa mengubungi kami untuk memudahkan pembuatan Album Musik sendiri. 

replikasi cd 3039967656495469158

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Contoh Video Profil Sekolah

Popular Posts

Follow by Email