Loading...

Mengenal Blu-ray; Media Penyimpanan Mirip DVD

Saat ini media penyimpanan sudah sangat banyak jenisnya dengan berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satunya adalah Blu-ra...

Saat ini media penyimpanan sudah sangat banyak jenisnya dengan berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satunya adalah Blu-ray  Blu yaitu media penyimpanan cakram optik, yang terutama digunakan untuk penyimpanan video high-definition dan data. Meski secara fisik mirip dengan CD dan DVD, Blu Ray disc adalah lompatan besar, dalam hal format penyimpanan dan kapasitas memori. teknologi Blu Ray melibatkan penggunaan laser biru untuk membaca dan menulis data ke disk. Panjang gelombang laser biru secara substansial lebih rendah dari laser merah yang digunakan oleh format DVD. Perbedaan antara dua format, mengenai untuk perbedaan antara kapasitas penyimpanan mereka.

Blu-ray
Blu-ray menjadi alternatif media penyimpanan yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan CD atau DVD. Mengapa Demikian? Blu-ray disc memiliki ukuran yang sama persis dengan DVD. Namun ia jauh lebih bagus daripada DVD salah satunya adalah dilihat dari kapasitas penyimpanannya. Mengapa ukurannya sama tetapi memiliki kemampuan menyimpan yang berbeda? Begini penjelasan sederhananya; Jika kita menulis pada satu lembar kertas, mungkin menulis surat dengan ukuran font yang standar kita gunakan maka akan kurang, sementara kita hanya memiliki selembar kertas, maka solusinya adalah membuat tulisan dengan ukuran yang lebih kecil sehingga selembar kertas tersebut bisa memuat tulisan kita yang sangat panjang.

Demikian juga Blu-ray, dalam media yang sama dengan DVD tetapi memiliki kemampuan menyimpan yang lebih besar. Blu-ray memiliki kapasitas penyimpanan data hingga 10 kali lipat dari format DVD sebelumnya (kapasitas data Blu-ray 50 GB, sedangkan DVD maksimal 17 GB). Sistem Blu-ray menggunakan sinar laser biru yang beroperasi pada panjang gelombang sebesar 405 nm untuk membaca serta menulis data. Keping DVD dan CD yang biasa kita pakai menggunakan laser merah dan laser infra merah dengan panjang gelombang masing-masing 650 nm dan 780 nm. Laser biru-ungu memiliki panjang gelombang lebih pendek menjadikannya dapat menyimpan lebih banyak lagi informasi dalam sebuah keping CD/DVD berukuran 12 cm. Satu lagi kemajuan teknologi optik yang ditawarkan oleh Blu-ray yaitu dengan fitur encoding data, memungkinkan setiap data dapaat dibuat dalam sebuah paket.

Sebagaimana yang kami sampaikan di depan, tentunya masing-masing media memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu juga dengan Blu-ray ini yang juga memiliki kelebihan dan kekurangannya jika dibandingkan dengan DVD, antara lain sebagai berikut: 

  1. Kedua player dari Blu-ray dan HD-DVD dapat membaca jenis piringan dengan format DVD. 
  2. Kualitas gambar tajam dan jernih karena memiliki High Definition. 
  3. Memiliki kapasitas penyimpanan data maksimum hingga 30 GB untuk HD-DVD dan 50 GB untuk Blu-ray, sementara DVD hanya 17 GB. 
  4. Memiliki kualitas ketajaman video lebih tinggi (720p, 1080i) sedangkan DVD 480i, 576i. Standard Definition Blu-ray 23 jam, HD-DVD 15 jam dan DVD 8 jam. 
  5. Sementara kelemahannya, piringan HD-DVD tidak bisa kenali/dimainkan pada player Blu-ray begitupun sebaliknya.

Terima kasih dan jangan lupa share

Jasa Replikasi CD Balqis Media Utama 
1. BOGOR - 0818 0496 5655
Jalan Layungsari 3 Kel. Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Bogor, Jawa Barat

2. JAKARTA & BEKASI - 0898 515 8979
Jl. Raya Sultan Agung, Gang Sabilillah No. 53 RT 003 RW 04, Kelurahan/ Kecamatan Medan Satria, Pondok Ungu, Bekasi Barat 17182.

Web: www.jasareplikasicd.com
Email: balqismu@gmail.com
FB: jasacopycdbogor
G+ : balqismu
Twitter: @balqismu2012
Youtube: balqismu
Serba-serbi 6462626525864105068

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Follow by Email

Popular Posts